Berita dan Artikel

Beranda / Berita / Lima Indikasi Sekolah Jadi Tempat Menyenangkan bagi Anak

Lima Indikasi Sekolah Jadi Tempat Menyenangkan bagi Anak

  Rabu, 30 Maret 2016        13:22 WIB    

Sekolah itu tempat menyenangkan – Prasyarat utama agar siswa dapat belajar dengan baik dan meraih

prestasi. Siswa harus menjadikan sekolah sebagai tempat menyenangkan. Jika prasyarat ini tidak dipenuhi, baik proses belajar maupun hasil belajar, rasanya sulit dicapai secara optimal.

Hal ini tentunya cukup beralasan. Bagaimana mungkin seorang siswa meraih semua itu. Sementara mereka tidak betah berada di ruang kelas atau di lingkungan sekolah. Tidak menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

Sekolah sebagai tempat menyenangkan bagi siswa akan tercermin dari berbagai indikator. Antara lain: proses pembelajaran, kondisi lingkungan fisik dan sosial, peraturan sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Mari kita lanjutkan membahasnya satu per satu.

1.Pembelajaran

Proses pembelajaran di ruang kelas (intrakurikuler) maupun di luar ruangan kelas (ekstrakurikuler) menyenangkan siswa. Mereka betah berada di

ruang kelas untuk mengikuti pelajaran.

Guru profesional dan fasilitas belajar memadai, menjadi unsur penting dalam menciptakan suasana pembelajaran

menyenangkan bagi siswa.

2.Lingkungan fisik sekolah

Lingkungan fisik sekolah yang bersih, tertata rapi dan hijau akan membuat siswa

merasa betah berada di sekolah. Ruang kelas belajar terasa nyaman. Taman kelas dan taman lingkungan sekolah yang hijau akan membuat pikiran warga sekolah menjadi sejuk.

3.Lingkungan sosial

Lingkungan pergaulan sosial antar sesama warga sekolah ikut menentukan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan. Di sekolah terpelihara jalinan komunikasi sosial harmonis antara guru dan kepala sekolah, guru dengan siswa

dan antar sesama siswa. Mereka akan merindukan untuk selalu berada di lingkungan sekolah saban hari.

4.Disiplin sekolah

Di sekolah terdapat seperangkat aturan dan tata tertib siswa, guru dan personil lainnya. Aturan dan tata tertib tersebut disertai dengan perangkat sanksi dan hukuman.

Pelanggaran dan penyimpangan terhadap aturan dan tata tertib di sekolah akan mendapat sanksi dan hukuman sehingga tercipta suasana kesadaran mematuhi segala aturan dan tata tertib sekolah.

5.Kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler kadang-kadang menjadi brand

sebuah sekolah. Sebuah sekolah menjadi terkenal justru karena kegiatan ekstrakurikulernya. Terutama sekolah yang mempunyai banyak siswa berbakat dan manajemen handal.

Manajemen sekolahakan mengakomodir segala potensi minat dan bakat siswa dengan mengadakan program kegiatan ekstrakurikuler yang beraneka ragam.